Analisa Fundamental Magnetfx 3 Agustus

Pasar Mencerna Data Tenagakerja AS, Sebagai Isyarat Kebijakan Suku Bunga The Fed.

  • Dinamika pasar saat ini dipengaruhi oleh pernyataan hati-hati Jerome Powell, Ketua Federal Reserve (Fed).
  • Investor pada hari Jumat mencerna laporan tenaga kerja yang lemah.

Indeks Dolar AS (DXY) berada di level 105, mengalami sedikit kenaikan. Dinamika pasar saat ini dipengaruhi oleh pernyataan hati-hati Jerome Powell, Ketua Federal Reserve (Fed), mengenai tren inflasi yang sulit diprediksi. Selain Powell, pejabat The Fed juga mengekspresikan kekhawatiran tentang inflasi, meskipun kebijakan moneter yang ketat telah lama diterapkan.

Investor pada hari Jumat mencerna laporan tenaga kerja yang lemah, yang mendorong spekulasi tentang penurunan suku bunga lebih cepat. Namun, perekonomian AS tetap solid, dan arah USD akan ditentukan oleh data terbaru.

Disisi lain, Dow Jones Industrial Average (DJIA) mengalami sedikit kenaikan pada Selasa, naik sekitar 0.1% sepanjang sesi pasar Amerika. Namun, keinginan untuk mengambil risiko di pasar terancam oleh pernyataan peringatan dari pejabat Federal Reserve (Fed) yang menyoroti keterbatasan The Fed dalam menurunkan suku bunga.

Harga Emas di Tutup Melemah, Pasar Fokus pada Kebijakan Federal Reserve.

  • Harga emas mengalami penurunan selama sesi perdagangan, turun sekitar 0,4% karena penguatan Dolar AS .
  • Perhatian pasar keuangan terpusat pada kapan The Fed mulai melonggarkan kebijakannya.

Harga emas mengalami penurunan selama sesi perdagangan Amerika, turun sekitar 0,4% karena penguatan Dolar AS dan penurunan imbal hasil obligasi Treasury AS. Investor akan berfokus pada pejabat Federal Reserve selama seminggu setelah laporan ketenagakerjaan AS pada Jumat lalu, karena data ekonomi yang sepi di Amerika Serikat.

XAU/USD diperdagangkan pada $2,315 setelah mencapai level tertinggi harian sebesar $2,329. Perhatian pasar keuangan terpusat pada kapan The Fed akan mulai melonggarkan kebijakannya setelah dirilisnya data ekonomi yang lebih lemah. 

Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan bahwa Nonfarm Payrolls bulan April mencapai 175 ribu, di bawah perkiraan dan di belakang revisi naik bulan Maret sebesar 315 ribu. Meskipun demikian, komentar hawkish dari Presiden Federal Reserve Minneapolis, Neel Kashkari, yang menyatakan bahwa The Fed mungkin akan terus menahan suku bunga dan membuka kemungkinan untuk menaikkan suku bunga dana federal jika inflasi tidak mengalami penurunan, hal tersebut mendukung penguatan Dolar AS.

Harga Minyak Turun Tipis, Pasar Fokus pada Data Stok AS.

  • Harga minyak mengalami penutupan sedikit lebih rendah pada hari Selasa karena kekhawatiran terhadap pasokan.
  • Sebagian besar pedagang minyak mengabaikan ketegangan meningkat di Timur Tengah.

Harga minyak mengalami penutupan sedikit lebih rendah pada hari Selasa karena kekhawatiran terhadap pasokan, sementara pelaku pasar memindahkan perhatian mereka ke data stok AS yang akan diumumkan hari ini.

Harga terus turun dalam perdagangan tipis setelah sumber pasar melaporkan bahwa data dari American Petroleum Institute menunjukkan peningkatan stok minyak mentah dan bahan bakar AS pada minggu lalu. Lonjakan persediaan, yang umumnya menandakan penurunan permintaan, telah melampaui ekspektasi para analis dalam beberapa minggu terakhir.

Analisis yang disurvei oleh Reuters memperkirakan penurunan stok minyak dan bahan bakar AS, dengan data resmi dari Administrasi Informasi Energi (EIA) AS dijadwalkan akan dirilis hari ini. Harga minyak mendapat dorongan pada sesi Selasa dari permintaan pemerintah AS untuk membeli lebih dari 3 juta barel minyak untuk Cadangan Minyak Strategis (SPR).

Sebagian besar pedagang minyak mengabaikan ketegangan meningkat di Timur Tengah, di mana militer Israel mengendalikan perbatasan Rafah antara Jalur Gaza dan Mesir dan mendorong tank-tank ke kota Rafah di Gaza selatan, sementara mediator berupaya mencapai kesepakatan gencatan senjata.

Penggerak Pasar Forex dan Komoditi Hari Ini

ECONOMIC CALENDAR
Real Time Economic Calendar provided by Investing.com.

Terdapat perilisan data fundamental dari OIL hari ini yaitu :

AS akan melaporkan data persediaan barel minyak mentahnya yang juga dijadikan untuk melihat permintaan minyak global. Inventaris minyak mentah merupakan indikator penting dalam pasar energi karena dapat memengaruhi harga minyak mentah.

Dari agenda tersebut dapat memberikan dorongan harga untuk mata uang OIL hari ini.

Pengaruh Data Terhadap Perubahan Harga.

Data Crude Oil Inventories rilis lebih tinggi dari forcast negatif/pesimis untuk OIL. Sedangkan data rilis lebih rendah dari forcast positif/optimis untuk OIL.

Perkiraan : 

Data Crude Oil Inventories di rilis lebih rendah dari data previous.

Share on: